Senin, 08 April 2013
UJI KOMPETENSI 2
1.
Beberapa pedoman yang dipergunakan
untuk membuat ringkasan yang baik tertera dibawah ini, kecuali…
a.
Menyusun kembali (membuat reproduksi)
b.
Pertahankan susunan gagasan asli
c.
Selalu mempergunakan kalimat majemuk
d.
Membaca naskah asli seluruhnya untuk
mengetahui kesan umum
e.
Mencatat semua gagasan utama
2.
Penyampaian negosiasi memenuhi
kriteria berikut, kecuali…
a.
Subjektif
b.
Logis
c.
Sistematis
d.
Mendalam
e.
Lugas
3.
Negosiasi mengupayakan agar sebuah
program kerja atau usulan tidak dibuat seperti dibawah ini, kecuali…
a.
Ditinjau ulang
b.
Diterima
c.
Direvisi
d.
Ditolak
e.
Diganti
4. Berikut
ini pernyataan yang tidak benar dalam bernegosiasi adalah…
a.
Usaha berdiskusi tidak berdebat dan
hindari pula konfrontasi, percekcokan, dan perseteruan.
b.
Sebelum bernegosiasi, orang yang
bernegosiasi harus melakukan persiapan
c.
Pakailah segala cara untuk memenangkan
negosiasi
d.
Oraang yang bernegosiasi harus saling
menghormati
e.
Orang yang bernegosiasi harus mematuhi
aturan
5.
Untuk memahami garis besar buku
yang akan diringkas, dapat dilakukan hal-hal berikut ini, kecuali…
a.
Membaca sekilas bagian penutup
b.
Membaca bagian pengantar saja
c.
Memahami judul
d.
Membaca sekilas daftar isi
e.
Membaca sekilas bagian pendahuluan
6. Jika
dalam suatu negosiasi, pihak anda tidak memenangkan negosiasi, yang tidak selayaknya anda lakukan adalah…
a.
Menyadari bahwa pihak anda memang masih
banyak kekurangan
b.
Menerima dengan sikap positif
c.
Memperjuangkannya lagi dilain kesempatan
d.
Mengusahakan jalan pintas yang licik
e.
Menghargai keputusan yang telah
disepakati
7.
Pernyataan berikut ini merupakan
kiat efektif untuk meyakinkan mitra bicara, kecuali…
a.
Mengemukakan pendapat dengan sikap yang
rasional
b.
Bersikap emosional
c.
Mengemukakan pendapat dengan yakin dan
percaya diri
d.
Menggunakan kalimat yang benar dan
efektif
e.
Menggunakan argumentasi yang bernalar
8. Penyelesaian
sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa
disebut…
a.
Ultimatum
b.
Diplomasi
c.
Negosiasi
d.
Intimidasi
e.
Konfrontasi
9. Proses
tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara
satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang
lain disebut…
a.
Debat
b.
Tanya jawab
c.
Bercakap-cakap
d.
Diskusi
e.
Negosiasi
10. Pernyataan
yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi adalah…
a.
Menyampaikan pendapat dengan
ucapan-ucapan licik
b.
Menyampaikan pendapat dengan argumentasi
yang benar
c.
Menyampaikan pendapat dengan kalimat
yang menarik
d.
Menyampaikan pendapat dengan kalimat
yang santun
e.
Menyampaikan pendapat yang dapat
meyakinkan mitra bicara.
Jawaban
1.
C
2.
A
3.
D
4.
C
5.
B
6.
D
7.
B
8.
C
9.
E
10. A
II . Jawablah pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini dengan baik dan benar !!
1.
Sebutkan beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam bernegosiasi !
2.
Mengapa dalam membuat ringkasan
digunakan kalimat tunggal? Jelaskan !
3.
Jelaskan kiat-kiat untuk meyakinkan
mitra bicara !
4.
Pengertian Negosiasi berdasarkan Kamus
Besar Bahasa Indonesia ternyata mengandung beberapa unsur, jelaskan !
5.
Jelaskan fungsi negosiasi dan hal-hal
apa sajakah yang perlu di negosiasikan !
Jawaban
1. a.
Memahami persoalan yang akan dinegosiasikan
b.
Memiliki informasi dan data tentang persoalan yang akan dinegosiasikan sebagai
bahan argumentasi
c.
Mengungkapkan gagasan/pendapat dengan alasan yang rasional.
d.
Menyampaikan penjelasan dengan kalimat yang menarik, efektif dan santun
e.
Bersikap sabar dan terbuka menerima pendapat orang lain
f.
Berupaya meyakinkan mitra bicara tentang penting dan bergunanya hal yang kita
negosiasikan secara santun.
g.
Menghindari sikap menjatuhkan pendapat orang lain
h.
Memiliki beberapa alternative konsep lain yang tak jauh beda bila konsep
pertama tak bisa diperjuangkan
2. Karena
kalimat tunggal lebih baik dari pada kalimat majemuk. Jika menggunakan kalimat
majemuk, akan menunjukkan bahwa ada dua gagasan/lebih yang bersifat parallel.
Dan, jika sudah menggunakan kalimat majemuk tidak mungkin dijadikan kalimat
lagi, dan sebaliknya.
3.
Menarik simpati pihak kedua (mitra
negosiasi). Ia akan bersimpati terhadap maksud kita jika ia memahami betul
program kita. Karena itu, kewajiban kita adalah menguraikan sejelas-jelasnya
programtersebut.Hal yang tidak boleh kita kesampingkan dalam upaya
membangkitkan kepercayaan adalah penampilan kita. Penampilan itu menyangkut
penghargaan terhadap kesempatan, cara berpakaian, sikap dan perilaku ketika
kita berbicara, dan pemahaman kita terhadap situasi komunikasi.
4. Mengandung
beberapa unsur, unsur dua pihak, perbedaan, dan keinginan untuk berunding.
Negosiasi dapat diartikan pula kegiatan yang ditimbulkan oleh keinginan untuk
memenangkan kemauan atau kepentingan sendiri karena terhambat oleh kepentingan
pihak lain atau adanya pemikiran yang bertolak belakang. Pihak yang satu merasa
konsep, gagasan, program, atau sesuatu yang diingini dianggap sudah benar,
sementara pihak lain berfikiran sebaliknya. Dengan adanya perbedaan prinsip
tapi berada dalam kepentingan dan tujuan yang sama, terjadilah negosiasi. Untuk
mencapai negosiasi yang menghasilkan, perlu adanya penyampaian argumentasi yang
kuat dan tak terbantahkan dengan kalimat yang menarik dan santun.
5. Fungsi
negosiasi : untuk menyelesaikan konflik kepentingan dan permasalahan.
Hal-hal
yang perlu dinegosiasikan : Kepentingan organisasi pekerjaan dan berhubungan
dengan hajat/keinginan orang banyak
1. Hal-hal
berikut ini merupakan perintah kerja tertulis, kecuali…
a. Disposisi
b. Petunjuk
penggunaan
c. Surat
perintah
d. Memo
e. Pengumuman
lelang
2. Di perusahaan ini Ashika Mahargini
adalah tangan kanan Suryo Prabowo. Arti kata tangan kanan dalam kalimat diatas
adalah…
a. Orang
suruhan
b. Tukang
pukul
c. Pimpinan
d. Orang
kepercayaan
e. Lawan
tangan kiri
3. Berikut
ini merupakan kalimat perintah yang menghendaki respon sesaat…
a. Sedikit
demi sedikit menabunglah untuk bekal hari tua
b. Ambillah
kembali semua yang telah kau berikan kepadaku
c. Bukalah
jendela, agar tidak pengap
d. Jangan
biarkan dia menangis
e. Jangan
engkau sakiti hatinya
4. Penggunaan
akhiran yang tepat terdapat pada kalimat…
a. Prof.
Sumintro ekonomiwan terkemuka di Indonesia
b. Prof.
B.J. Habibie ilmuan kebanggan bangsa
c. Prof.
Dr. Nugroho Susanto sejarahwan terkenal
d. Ayahnya
seorang geologiawan
e. K.H.
Hasan Basri rohaniawan yang rendah hati
5. Kalimat
di bawah ini yang merupakan perintah lisan kompleks adalah…
a. Seluruh
karyawan harus mampu mengoperasikan computer dan internet serta alat teknologi
lain yang terbaru
b. Karyawan
yang tidak produktif diharap mau mengundurkan diri
c. Seluruh
karyawan diharap datang tepat waktu
d. Bereskan
barang-barang di gudang !
e. Tolong
ambilkan kertas HVS itu !
6. Untuk
mengetahui kesan umum tentang buku yang akan diringkas, penulis ringkasan
melakukan kegiatan…
a. Memperhatikan
biografi pengarang dan komentar tentang buku tersebut.
b. Memperhatikan
dan memahami daftar isi karangan tersebut
c. Membaca
pendahuluan dari karangan tersebut
d. Membaca
kesimpulan dari buku tersebut
e. Membaca
apendiks dari buku tersebut
7. Kata-kata
dibawah ini yang mengalami pergeseran makna meluas adalah…
a. Bapak
b. Kembang
c. Sarjana
d. Pendeta
e. Berlayar
8.
Berikut ini merupakan contoh
perintah lisan sederhana, kecuali…
a. Tolong
buatkan nota penjualan
b. Kirim
printer ini
c. Antarkan
barang-barang ke Surya Market
d. Letakkan
buku-buku pada tempatnya
e. Jakarta
merupakan ibukota Negara
9. Dalam
menyampaikan alasan bernegosiasi, di perlukan sikap-sikap ini, kecuali…
a. Arif
b. Sabar
c. Penuh
pengertian
d. Tak
mau kalah
e. Semangat
10. Untuk
memperhalus perintah, biasanya digunakan sarana-sarana penghalus, seperti…
a. Pengubahan
ke struktur tanya
b. Pengubahan
ke struktur berita
c. Pemakaian
kata penghalus, maaf, tolong, sebaiknya, silahkan, mohon
d. Pernyataan
diatas semua benar
e. Pemakaian
partikel-lah
11. Salah
satu kiat untuk meyakinkan mitra bicara adalah menggunakan argumentasi yang
bernalar atau…
a. Realistis
b. Rasional
c. Subjektif
d. Praktis
e. Objektif
12. Kelompok
kata yang tidak termasuk ungkapan terdapat pada…
a. Kelopak
nyata
b. Naik
daun
c. Naik
kuda hijau
d. Naik
pangkat
e. Semata
wayang
13. Berikut
ini yang bukan merupakan kiat untuk meyakinkan mitra bicara adalah…
a. Mengemukakan
pendapat secara subjektif
b. Mengemukakan
pendapat dengan sikap rasional
c. Menggunakan
kalimat yang benar dan tepat
d. Menggunakan
argumentasi yang rasional
e. Mengemukakan
pendapat dengan sikap kritis dan percaya diri
14. Ada
tidaknya nilai rasa dalam sebuah kata merupakan factor pembeda antara makna…
a. Konotasi
dan leksikal
b. Leksikal
dan kontekstual
c. Denotasi
dan konotasi
d. Leksikal
dan gramatikal
e. Gramatikal
dan denotasi
15. Seorang
negosiator harus mempunyai sifat berikut, kecuali…
a. Luwes
b. Supel
c. Terpercaya
d. Terampil
bicara
e. Pemurah
JAWABAN
1.
A
2.
D
3.
C
4.
C
5.
A
6.
E
7.
A
8.
D
9.
D
10. C
11. A
12. D
13. A
14. C
15. E
II.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1. Tuliskan
contoh disertai penjelasan, kata-kata yang mengalami pergeseran makna kata
sinestesia !
2. Jelaskan
pengertian negosiasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia !
3. Tuliskan
contoh disertai penjelasan, kata-kata yang mengalami pergeseran makna kata
asosiasi !
4. Bagaimanakah
etika ketika hendak menyanggah pendapat? Jelaskan !
5. Apa
yang dimaksud dengan kata majemuk? Jelaskan !
JAWABAN
1.
Manis
Tutur katanya yang manis mampu membuai ribuan nasabah arisan yang menjadi korban penipuannya.
Tutur katanya yang manis mampu membuai ribuan nasabah arisan yang menjadi korban penipuannya.
Kalimat tersebut menggunakan kata manis, tetapi tidak berhubungan sama sekali dengan lidah
yang dapat merasakan manis pada rasa makanan atau minuman. Cara memperolehnya melalui
telinga berupa kata-kata yang didengarkan. Dengan demikian, telah terjadi
pergesaran indera, dari lidah menuju indera telinga yang mengakibatkan
makna kata manis mengalami pergeseran. Pergesaran makna seperti itu
disebut sinestesia.
Kasar
Kata-katanya sangat kasar, tidak pantas diucapkan oleh seorang pimpinan.
Kata-katanya sangat kasar, tidak pantas diucapkan oleh seorang pimpinan.
2. Negosiasi
adalah : Proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan
bersama antara satu pihak dan pihak lainnya; penyelesaian sengketa secara damai
melalui perundingan antara pihak yang bersengketa.
3. Orang itu sudah menerima amplop
dari pengusaha itu
Keterangan: amplop= uang sogok
Keterangan: amplop= uang sogok
4. a. Menggunakan ucapan yang sopan
dan santun.
b.
Setiap sanggahan disertai dengan alasan yang logis
c.
Tidak merasa emosional dalam mengeluarkan sanggahan
d.
Menghormati orang lain apabila tidak setuju dengan sanggahan tersebut
5.
Kata majemuk adalahgabungan dua buah morfem dasar atau lebih yang mengandung
satu pengertian baru. Kata majemuk tidak menonjolkan arti tiap kata.tetapi
gabungan kata itu secara bersama-sama membentuk suatu makna atau arti baru.
Langganan:
Postingan (Atom)